Saturday, February 28, 2015

Kata Siapa Liburan Di Rumah itu Membosankan?


Halo, bloggers. Bagaimana hari Sabtumu? Saya harap, sih tidak ada kejadian aneh dan buruk yang menimpa kalian. Hari ini adalah H-2 menjelang kuliah perdana di semester empat dan liburan semester tiga selama satu bulan lebih ternyata sudah hampir berakhir; di situ terkadang saya merasa sedih. 

Tidak seperti teman-teman saya atau kebanyakan orang yang menghabiskan waktu liburan mereka untuk melakukan banyak hal yang asyik dan di luar rumah, saya malah memilih untuk liburan di rumah dan di kamar saya yang mungkin bagaikan surga saya di bumi ini.

Namun, liburan di rumah dalam waktu yang lama ternyata tidak sebosan yang kebanyakan orang bilang. Saya malah sangat menikmati liburan semester tiga ini, walaupun bukan liburan terbaik sih. Cukup banyak hal yang bisa dilakukan di rumah ketika di rumah. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah yang bisa membuat saya tidak merasa bosan sama sekali selama liburan kali ini:


1. Menjelajah dunia maya


Source: http://watermarked.cutcaster.com/cutcaster-photo-801067235-Boy-Surf-the-Internet-on-a-keyboard.jpg
Jangan langsung berpikir negatif ketika membaca subjudul yang pertama ini, ya bloggers. Dunia maya memang seperti dunia nyata, ada hal positif dan ada hal negatif. Saya hanya share yang positif saja, ya, kalau yang negatif sepertinya banyak dari kalian yang sudah tahu haha. 

Modal utama adalah PC/smartphone/tablet dan internet. 

Di dunia maya, banyak hal mengagumkan yang bisa kalian temukan. Kalau saya, hal yang paling mengagumkan yang pernah saya temui di internet adalah YouTube. Mengapa mengagumkan? Di sana, saya ternyata bisa mempelajari sedikit budaya negara lain. Tapi, saya menemukannya bukan dari video-video utama mereka, melainkan melalui vlog. Apa itu vlog? Vlog adalah video yang diunggah para pemilik channel mengenai apa yang akan dilakukan ke depannya, alasan mengapa tidak mengunggah video, Q&A sessions, aktivitas para youtuber selain mengunggah video, dan lain-lain. Malahan, ada channel yang khusus untuk vlog dan mereka kebanyakan adalah keluarga. Budaya yang bisa saya pelajari yang paling kentara adalah aksen bahasa Inggris. Aksen bahasa Inggris Amerika tentu sudah sangat familiar, bagaimana dengan aksen bahasa Inggris Irlandia, Inggris Britania Raya, Inggris Spanyol, Inggris Swedia? Hoah, keren-keren sekali, bloggers! :D

Selain YouTube, saya juga mendapatkan tutorial Adobe Photoshop. Bagi beberapa orang yang mahir, mungkin hal ini biasa, namun bagi saya yang sangat payah dalam hal editing foto, saya merasa luar biasa senang. :D. Saya sangat senang karena ternyata untuk belajar Photoshop, saya tidak harus beli buku di toko buku dengan harga yang lumayan tidak terjangkau. Sampai sekarang, saya masih berusaha untuk mempelajari tutorial-tutorialnya.

Sebenarnya, banyak hal yang bisa dilakukan di dunia maya. Namun, dua hal tersebut lah yang menurut saya paling besar yang pernah saya dapatkan dari dunia maya. :D

2. Mengerjakan pekerjaan rumah


Source: http://www.goldsgym.co.id/assets/img/content/housewife.png
Maksudnya bukan PR yang didapat dari sekolah ya, bloggers. Maksudnya adalah membantu orang tua.

Modalnya adalah niat.

Pertama, kalian bisa membantu memasak. Mungkin bagi perempuan hal ini sudah biasa, namun bagaimana kalau laki-laki? Kalau saya, memasak itu sangat mengasyikan. Kita bisa mengenal berbagai macam bumbu-bumbu dapur dan peralatan masak yang mungkin suatu saat berguna bagi diri kita sendiri. Misalnya, ketika KKN kita bisa membantu para warga untuk memasak daripada gabut tidak jelas, atau ketika sedang merantau kita bisa memasak untuk seluruh orang-orang kontrakan daripada beli makanan yang menghabiskan uang jajan kalian.

Kedua, kalian bisa membantu mencuci. Manfaatnya hampir sama seperti di atas, kecuali mencucikan pakaian teman kalian satu kontrakan atau satu kostan :P. Intinya, kalian bisa menghemat uang kalian untuk laundry jika bisa mencuci sendiri jika sedang merantau. Selain itu, kalian bisa pamer ke teman-temanmu kalau tanganmu itu kasar seperti kuli. :P

Ketiga, membantu menyetrika. Pekerjaan ini sangat menipu mata, bloggers. Awalnya, saya kira hanya berdiri atau duduk di depan meja itu tidak menguras keringat. Tapi, setelah saya praktikan, itu hanya omong kosong. Menyetrika itu bisa jadi alternatif bagi kalian yang sedang diet karena keringat kalian akan mengucur deras padahal tidak merasa capek sedikit pun. (y)

Dan masih banyak lagi, ya bloggers. :D

3. Merapihkan kamar




Banyak dari bloggers yang mengeluh kamarnya seperti kapal pecah, kan? Waktu liburan adalah saatnya untuk merapihkan kamar kalian tercinta. Ada yang bilang kalau merapihkan kamar bisa menemukan harta karun yang telah hilang. Benar sekali, aktivitas ini bisa membuat kita menemukan barang-barang lama yang kita tinggal atau tertinggal di tumpukkan-tumpukkan kertas atau buku-buku.

Kegiatan ini salah bentuk latihan tanggung jawab, ya bloggers. Kita dilatih untuk bertanggung jawab terhadap kamar kita tercinta sendiri. Misalnya, kalau kalian punya pembantu di rumah terus kalian minta pembantu untuk merapihkan kamar lalu kalian kaget ada barang yang hilang, kalian akhirnya menyalahkan pembantu. Jangan seperti itu ya, bloggers. Karena sudah besar dan telah dianggap manusia dewasa, kita harus bertanggung jawab terhadap hal-hal yang kita punya, termasuk kamar kita.


Yap, itulah yang saya bisa sampaikan. Tiga hal di atas merupakan sedikit hal yang bisa dilakukan ketika liburan di rumah. Sebenarnya, masih banyak hal-hal lain yang bisa dilakukan yang bisa saya sebutkan, namun itu tergantung selera masing-masing. Terima kasih, bloggers!



No comments:

Post a Comment

Please use polite words only. Good comments are very useful for me and this blog. It really supports me and this blog. As well, I will try as my best as possible to visit your blog and leave good comments there. Thanks for commenting.

Most Commented

Add this widget

Most Read

Just Comment